Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler

Extra Kurikuler

Kamis, 27 September 2018 ~ Oleh SMK N 1 WONOSARI ~ Dilihat 2550 Kali

(Kegiatan Ektrakulikuler Pramuka)

Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.

Sedangkan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri.

sedangkan di SMK N 1 Wonosari sendiri memiliki beberapa jenis Extrakulikuler yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat dari para siswa. kegiatan ektrakulikuler yang ada di SMK N 1 Wonosari di antaranya adalah 

  1. PRAMUKA 
  2. MARCHINGBAND
  3. TARI 
  4. DESAIN GRAFIS
  5. KARATE 
  6. PENCAK SILAT
  7. VOLI 
  8. BASKET 
  9. NASID
  10. TEATER
  11. VOKAL GRUB 
  12. PMR 
  13. PKS
  14. PLH
  15. KIR

di atas ini adalah jenis - jenis kegiatan ektrakulikuler yang ada di SMK N 1 Wonosari dimana semua extrakulikuler ini bertujuan unutk mengembangkan minat dan bakat masing - masing siswa.

(Kegiatan Ektrakulikuler Pramuka)

Banner & Infografis