
SMK N 1 WONOSARI
Tata Busana
TATA BUSANA
Kamis, 27 September 2018 ~ Oleh SMK N 1 WONOSARI ~ Dilihat 7287 Kali
Tujuan |
Menyiapkan tenaga trampil tingkat menengah bidang busana, khusunya busana butik |
Materi |
Mata Pelajaran Normatif: Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, PKn, Penjaskes, Bahasa Jawa Mata Pelajaran Adaptif: Bahasa Inggris, Matematika, IPS, IPA, Seni Budaya, Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Mata Pelajaran Produktif: Cara mengukur tubuh, Membuat Pola, Desain busana, Menjahit dasar, Menjahit: baju anak, dewasa dan tailoring, Bordir, Tata Rias, Peragaan Busana dan mata pelajaran lain yang mendukung kompetensi keahlian busana butik. |
Fasilitas |
Ruang praktek menjahit dengan rasio 1 mesin satu siswa (mesin jahit menggunakan dinamo), Mesin Obras, Ruang praktek Bordir, Mesin Jahit high speed serta fasilitas lain yang mendukung kelancaran proses belajar mengajar. |
Prospek Tamatan |
Desainer, Bekerja di butik atau industri garmen, supervisor di industry garmen, wiraswasta menjahit atau bordir, melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri atau swasta, memperdalam bidang garmen di IGTC (International Garment Training Center) |
Hasil Akreditasi
|
Tahun 2013 terakreditasi dengan nilai kualifikasi A Tahun 2018 terakreditasi dengan nilai kualifikasi A |
- Prestasi, antara lain:
- Juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat propinsi DIY
- Mewakili propinsi DIY Juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional di Makasar
- Juara harapan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional di Jakarta
- Kewirausahaan
Untuk membekali siswa agar menjadi siswa yang tangguh pada era globalisasi ini, sekolah memberikan pelajaran praktik kewirausahaan yang meliputi praktik bussines center (praktik retail/ dagang keliling), praktik bordir, praktik dekorasi dan membuat hantaran pengantin, modeling dan tata rias
- Ketrampilan tambahan tersertikasi oleh Lembaga sertifikasi Kompetensi
Untuk menyiapkan siswa memasuki dunia kerja/dunia industri, sekolah juga memberikan ketrampilan tambahan yang tersertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi yaitu: Komputer Program Ms. Word, Komputer Program Ms. Excel, Menjahit tingkat trampil, Bordir dan Bahasa Inggris
- Struktur kurikulum yang dipelajari:
STRUKTUR KURIKULUM SMK/MAK
BIDANG STUDI KEAHLIAN : PARIWISATA
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TATA BUSANA
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
Kelompok A (Wajib) |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
6 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
|
Jumlah Jam Kelompok A |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
17 |
Kelompok B (Wajib) |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Seni Budaya |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
8 |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
9 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
|
Jumlah Jam Kelompok B |
7 |
7 |
7 |
7 |
7 |
7 |
Kelompok C |
|
|
|
|
|
|
|
C1. Dasar Bidang Kejuruan |
|||||||
10 |
IPA Terapan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
11 |
Pengantar Pariwisata |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
C2. |
Dasar Kompetensi Kejuruan |
|
|
|
|
|
|
12 |
Tekstil |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
13 |
Dasar Teknologi Menjahit |
7 |
7 |
- |
- |
- |
- |
14 |
Dasar Pola |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
15 |
Dasar Desain |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
16 |
Simulasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Kejuruan |
|||||||
Paket Keahlian : Tata Busana |
|||||||
17 |
Pembuatan hiasan |
|
|
|
|
2 |
2 |
18 |
Desain Busana |
|
|
3 |
3 |
3 |
3 |
19 |
Pembuatan Pola |
|
|
4 |
4 |
4 |
4 |
20 |
Pembuatan Busana(Industri) |
|
|
13 |
13 |
- |
- |
21 |
Pembuatan Busana(custom-made) |
|
|
- |
- |
15 |
15 |
|
Jumlah Jam Kelompok C |
24 |
24 |
24 |
24 |
24 |
24 |
TOTAL |
48 |
48 |
48 |
48 |
48 |
48 |